Saturday, August 5, 2017

Tips Membuat Artikel yang SEO friendly

Tips membuat artikel yang SEO friendly. Ada tiga pilihan cara yang biasa digunakan dalam dunia blogging  untuk membuat artikel  yang SEO friendly untuk konten website anda.

1.   Menulis sendiri

2.   Menggunakan alat spinner

3.   Menggunakan jasa  outsourcing atau ditulis oleh orang lain


 
Ketiga cara di atas tentunya adalah pilihan, cara mana yang akan digunakan, terserah anda. Namun pertanyaan yang muncul adalah kualitas  artikel seperti apakah yang dianggap bagus dan bisa memiliki rangking di mata  Search Engine.

Google sudah mengatakan berulang-ulang  bahwa jika situs  ingin memiliki rangking di search enginemaka  konten situs tersebut harus bermutu alias bagus, lalu kualitas  yang bagus di mata  Google itu seperti apa?

Selama ini Google  mendefinisikan kualitas  yang  bagus berdasarkan  empat hal, yaitu:

1.    Artikelnya unik, keunikan di sini maksudnya artikel  tersebut tidak ada dupilkatnya di internet alias bukan hasil copy paste dari website lain.

2.   Komplit, dalam arti  panjang artikel  tidak kurang dari 750 kata. Artikel yang komplit biasanya  akan menarik visitor dari Search Engine.

3.   Updated. Maksudnya adalah artikel tersebut selalu di  update. Sebenarnya ketika  artikel anda di like, di tweet, di Google Plus, bahkan dikomentari oleh pengunjung, maka Google sudah menganggap bahwa itu sudah termasuk pengupdatan artikel.

4.   Situs yang berkualitas menurut Google  adalah situs yang  mendapatkan banyak link dari situs lain alias direkomendasikan orang lain, dikenal dengan istilah backlinks


Berikut format penulisan  artikel yang SEO friendly:

1.   Judul artikel  ukurannya H1

2.  Usahakan  tiap artikel  memuat beberapa subjudul dan menggunakan H2.

3.  Judul harus memuat kata kunci yang dibidik.

4.   Sebar kata kunci secara merata dalam keseluruhan artikel.

5.   Kata kunci diusahakan muncul di setiap sub judul.

Kenapa format seperti ini harus dilakukan, karena biasanya  artikel dengan format seperti ini akan lebih mudah memilki rangking. Tetapi disarankan  anda  untuk menulis mengalir saja, karena  kata kunci yang ada di setiap subjudul sudah mewakili untuk  kepentingan SEO.


Spin Artikel

Merupakan  alat yang bisa membantu anda  menulis artikel dalam bahasa  Inggris dengan cara mengganti artikel orang lain singkatnya menulis ulang artikel orang lain. Tips bagi anda yang menulis artikel dengan alat spin artikel disarankan  jangan mengambil artikel  hanya dari satu sumber saja, cari sedikitnya 5-10 sumber artikel orang lain, ambil paragraph-paragraph yang penting dari setiap sumber artikel.

Ada dua pilihan cara mendapatkan alat ini yaitu  dengan cara menggunakan alat spin artikel gratisan atau yang berbayar.

Setelah itu baru ditulis ulang dengan menggunakan alat spin artikel. Semakin banyak sumber artikel yang di spin maka semakin kaya artikel yang anda buat. Dan tentunya akan semakin lengkap, unik dan dianggap berkwalitas oleh Google.

Tips-tips tersebut lebih ditujukan pada hal  teknis  penulisan konten untuk Google, tetapi disaranakan kalau bisa membuat konten dengan memberikan perhatian pada artikel yang benar-benar berkualitas dari sisi pembaca, karena kita membuat konten bukan untuk mesin pencari tetapi lebih diutamakan untuk pengnjung situs anda.

Tempatkan posisi anda sebagai pengunjung blog jika anda mengunjungi blog dengan konten yang bermanfaat tentunya kita akan bolak-balik mengunjungi situs tersebut.

Jika artikel anda unik maka dengan sendirinya komenta-komentar, share dan like dari social  media akan berdatangan dan itu akan membantu meng update website anda. Disisi lain usahakan  untuk tidak menulis asal-asalan karena pada akhirnya konten anda adalah branding situs anda.

Singkatnya pilihan ada di tangan anda sendiri, anda mau menulis sendiri, pakai spin artikel atau pakai jasa outsourcing.

Demikian tips menulis artikel  yang SEO friendly semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar