Thursday, July 20, 2017

Google Adsense Review


Google Adsense adalah sebuah program affiliate dari google untuk para publisher atau para pemilik situs yang menempatkan  iklan google di situs mereka. Program Adsense ini cukup mudah untuk diikuti dan cukup potensial  untuk memberikan passive income melalui internet bulan perbulan tanpa harus memberikan support atau berhubungan langsung  dengan klien.

 

 Di bawah ini ada contoh iklan google yang mungkin muncul dalam situs anda.




Bagaimana cara Google membayar kita

Google membayar kita dari setiap klik  pada iklan yang muncul pada situs kita , jumlah komisi dari setiap klik yang kita terima itu berbeda-beda, tergantung  harga klik si pemasang iklan kepada Google.

Ada kalanya pemasang iklan hanya berani membayar 5 sent untuk  setiap klik ke Google, ada juga yang berani  membayar hingga 10 sent per klik.  Ada banyak factor yang menentukan harga per klik ini, di antaranya target market dan jumlah pencarian untuk setiap kata kunci. Nah misalnya  ada pemasang iklan  membayar Google $1 untuk setiap klik iklan lalu jika klik itu datangnya dari situs kita maka kita akan mendapat % dari $1 ini.

Berapa Persen Komisi  Dari Setiap klik Yang Kita Dapatkan

Inilah salah satu klemahannya, sampai saat ini Google tidak pernah terbuka  berapa persen memberikan komisinya kepada kita atas pembayaran si pemasang iklan. Yang jelas komisi untuk setiap klik berbeda, bisa saja kita mendapat 4 sent untuk setiap klik, bisa juga beberapa dollar untuk setiap klik. 

Semuanya tergantung dari berapa besar si pemasang iklan berani membayar Google untuk iklannya, dan google membaginya dengan kita persen yang mereka sembunyikan. Banyak marketer  yang mengira Google  membaginya 50-50, ada juga yang mengatakan 40-60. Kita tidak pernah tahu secara pasti.

Namun bayangkan jika kita memiliki situs yang bisa menghasilkan, misalnya saja 100 klik iklan perhari  untuk Google Adsense  dengan komisi  rata-rata 30 cent per klik itu sama dengan 30 dollar perhari, atau satu bulan penghasilan anda bisa mencapai $1200 dari Google, nyaman bukan.

Bagaimana Cara Mengikuti Program Adsense

Berikut adalah langkah-langkahnya:
1.    Tentukan topic situs anda dengan benar.
2.    Bangun situs yang memuat informasi yang bermanfaat bagi pengguna internet. Sangat disarankan  anda membuat  situs berbahasa inggris untuk pertama kali daftar adsense.
3.    Situs memuat paling sedikit  7-10 halaman, lebih banyak halaman lebih baik. Jangan lupa menambahkan halaman seperti, Privacy Policy/ Disclaimer, Sitemap dan Contact Us. Google tidak suka  situs yang tidak jelas.
4.    Konten situs artikel dalam setiap halaman harus unik.original, bukan hasil copas dari situs lain.
5.    Buat  “navigasi” yang baik  jangan sampai menu situs membingungkan pengunjung.
6.    Jangan sampai ada ‘broken link’ alias link yang mati  atau tidak jalan pada saat di klik.
7.    Kalau sudah siap kunjungi Google Adsense.com

Bagaimana Google Mengirimkan Komisinya
Google mengirimkan komisinya  melalui Western Union dan cek. Mereka akan memberikan uang kita kalau komisi kita sudah mencapai $100. Kalau komisi kita bulan ini hanya mencapai $25, maka mereka akan menunda. Bila komisi kita telah mencapai $100, baru mereka akan mengeluarkan uang tersebut lewat Western Union yang bisa anda cairkan di mana saja.

Jangan lupa saat daftar Google Adsense, data anda harus sesuai dengan KTP, karena ini perlu saat anda mencairkan komisi anda di Western Union.

Kalau  anda sudah memiliki akun Adsense,anda hanya perlu  memasukan script adsense atau kode adsense  pada website anda, kemudian Google akan menampilkan iklan yang berhubungan  dengan isi website kita secara otomatis.
Dengan kata lain, kita tidak perlu repor-repot untuk menentukan atau pun memberitahu Google iklan apa yang akan tampil di situs kita. Karena ‘kode adsense’ yang kita tempatkan di situs kita akan bekerja seperti ‘robot. Dia bisa membaca isi situs kita tentang apa.

Hal Penting  Yang Harus Di Hindari
Bila adsense kita telah berjalan, jangan coba-coba dengan sengaja mengklik iklan adsense yang ada di situs kita, kalau kita melakukannya  satu atau dua kali hanya untuk sekedar ‘test’ mungkin Google masih mentolerir. Tapi kalau kita melakukannya dengan sengaja dan terus-menerus untuk mendapat  keuntungan dengan cara yang tidak jujur pihak Google akan tahu.

Kalau Google menemukan adanya percobaan klik yang datangnya dari account Adsense kita, mereka tidak kenal ampun untuk menutup account Adsense kita, dan situs kita bisa di black list oleh pihak Google dan anda tidak akan bisa untuk mendaftar lagi program Adsense.

Cara Riset  Kata Kunci  Untuk Google Adsense

Ada 2 cara untuk  melakukan riset dan menentukan topic untuk situs Google Adsense,
1.    Gunakan Kata kunci Mahal
2.    Cari topic garing yang memiliki  sedikit persaingan

Gunakan kata kunci mahal

Apa yang dimaksud dengan kata kunci mahal, kata kunci mahal atau dikenal dengan sebutan HPK (high Paying Keyword) adalah kata kunci yang banyak dicari dan banyak pemasang iklannya, sehingga membuat harga per klik iklannya mahal.

Contoh topik-topik mahal biasanya berhubungan dengan law, finance dan health. Hampir setiap  kata kunci yang berhubungan dengan yang disebut di atas harga iklannya bisa dikatakan sangat mahal bisa mencapai di atas $3 per klik. Nah logikanya, jika kita memiih  topic kata kunci mahal, maka jika ada pengunjung ke situs kita  dan meng klik iklan adsense yang ada di situs kita maka kita pun akan mendapatkan komisi per klik.

Cara Mencari Kata Kunci Mahal

Berikut caranya, Pergi ke Google.com/Adwords, lakukan login dengan menggunakan Google Adwords yang anda miliki. Setelah login cari menu Tools dan Analysis pilih Keyword Planner. Di bawah ini adalah tampilan  keyword planner dari Google.



Klik pilihan yang bertuliskan “search for keyword and ad group ideas” dan setelah itu akan muncul menu  seperti di bawah ini,





Keyword planner ini disediakan oleh Google  untuk membantu para pemasang iklan menentukan kata kunci apa yang ingin mereka target dan Google akan memberikan estimasi harga perklik untuk setiap iklannya.

Anda perhatikan di atas , ada tulisan “search for keyword and ad group ideas”. Di sana  anda bisa memasukan  kata kunci  sembarang yang menjadi target market anda, terus anda bisa memilih kategori,lokasi, bahasa dan opsi lainnya.

Sekarang anda sudah tahu bagaimana cara mencari kata kunci mahal untuk situs Adsense, anda bisa mencari sebanyak mungkin kata kunci mahal dengan cara mengetikan kata kunci berdasarkan topic pilihan anda sendiri  dan menjadikan sebagai topic situs untuk mendapatkan penghasilan dari adsense kelak.

Setelah anda berhasil mengumpulkan sebanyak kata kunci yang harga per kliknya mahal lalu anda lakukan riset kompetisi atau saingan untuk kata kunci tersebut.

Kelemahan Memilih Kata Kunci Mahal

Saat anda memiliki situs Adsense dan memiliki rangking tinggi di Search Engine, terus banyak pengunjung yang mengklik iklan dari situs anda memamg penghasilannya bisa menggiurkan. Tapi saat anda mentarget kata kunci mahal ada beberapa kelemahan yang harus  anda ketahui.

Sebuah kata kunci bisa menjadi mahal karena 3 hal:
1.    Kata kunci tersebut terkenal dan banyak dicari orang
2.    Kata kunci tersebut memiliki banyak macam produknya
3.    Kata kunci tersebut banyak pemasang iklannya.

Nah, dengan demikian berarti banyak marketer yang membuat website untuk topic tersebut, karena dianggap topic favorite , sehingga membuat  situs anda semakin sulit untuk duduk di rangking 5 besar di Search  Engine karena terlalu banyak saingannya. Ingat, Adsense  hanya bisa di promosikan lewat ‘organic trafik’ atau trafik dari Search Engine saja. Dengan anda mentarget kata kunci mahal maka anda harus berhadapan  bukan saja dengan pemasang iklan yang mungkin punya website yang mentarget kata kunci yang sama, juga dengan produk-produk selain Adsense.

Jadi apakah dengan mentarget kata kunci mahal menjadi percuma, tidak juga hanya untuk mendapatkan penghasilannya menjadi lama karena untuk mendapatkan rangking khusus  untuk kata kunci mahal biasanya cukup sulit di SEO kan.

Sebagai contoh, coba anda bayangkan ada berapa ribu macam obat jerawat yang dijual di dunia, demikian juga berapa ribu orang atau marketer yang memasarkan produk-produk tersebut.

Saran saja,  jika  anda memilih kata kunci mahal buat lebih panjang tapi  memuat kata kunci utama. Contoh kata kunci mahal yang anda bidik adalah ‘acne medicine’, nah saat membuat konten buat kata kunci acne medicine menjadi ‘proven best acne medicine nowdays’.

Hal ini akan lebih memudahkan anda  untuk mengoptimalkan kata kunci yang lebih panjang  dengan sedikit saingan di Google. Dengan mentarget kata kunci  yang lebih panjang namun masih mengandung kata kunci mahal di dalamnya, kita berharap Google masih akan menempelkan iklan mahal di situs kita nantinya.
Namun jika anda masih pemula seperti saya, disarankan untuk memilih cara kedua, yang akan saya terangkan berikut ini.

Pilih Topk Garing

Apa yang dimaksud dengan topic garing, topic yang masih ada pencarinya bahkan banyak pencarinya tapi hampir tidak ada produknya. Topik garing biasanya berhubungan dengan informasi seputar pendidikan atau ilmu pengetahuan, contoh:
1.    Kenapa Bumi Bulat
2.    Apa penyebab sunami
3.    Bagaimana Jantung Bekerja
4.    Fakta tentang Keong

Sebagai contoh, topik keong atau snail dalam pencarian di Google  dicari sebanyak 74.000 perbulan dengan harga per kliknya di bawah $1, coba bandingkan dengan acne  yang pencriannya kurang dari 5000 per bulan  tapi perklikny lebih tinggi itu menunjukan saingannya banyak.

Nah,jika  tidak banyak produk yang di jual lantas nanti iklan adesnse nya apa akan ada?. Tidak perlu khawatir  google lah yang akan mengatur iklan apa yang akan muncul di situs anda.

Jika anda ingin berpenghasilan dari Adsense buatlah situs informasi yang berguna untuk pengunjung dan berkualitas. Maka dengan sendirinya Google  akan memberikan iklan yang bagus  untuk situs kita.

Percaya atau tidak  biasanya ‘situs topic  garing’ lebih cepet di approve oleh Google Adsense ketimbang situs yang mentarget kata kunci mahal. Dan topic-topik garing ini jarang di target oleh online marketer dunia, karena memang
tak ada produk yang mereka jual.

Demikian keterangan yang cukup singkat tentang program Google Adsense Review, semoga bermanfaat. 











No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar