Friday, August 4, 2017

SEO

SEO. Search Engine Optimization atau sering disingkat SEO, adalah  serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis  yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic dari search engine menuju suatu website dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami alogaritma search engine.



Demikian definisi SEO  yang saya ambil  dari Wikipedia. Dengan kata lain SEO adalah pengoptimalan situs agar  situs kita memiliki  rangking yang tinggi di search engine untuk kata kunci tertentu pilihan kita.

Mengapa kita butuh SEO, ingat tujuan SEO adalah untuk meningkatkan volume dan kualitas traffik dari search engine ke  website kita pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian search engine berdasarkan kata kunci tertentu. Logikanya, website yang menempati posisi teratas hasil pencarian memilki peluang lebih besar  untuk mendapatkan pengunjung bukan.

Dengan peningkatan traffik website ini, tentu saja kita mengharapkan peningkatan transaksi dari website kita, misal transaksi penjualan produk, jasa atau pun affiliasi maupun penghasilan kita.

Bagaimana  sebuah halaman situs  bisa memiliki rangking tinggi di search engine. Secara spesifik  tidak ada yang tahu. Menurut Google ada 200 lebih factor yang bisa membuat sebuah halaman situs memiliki rangking tinggi di  search engine, dan semua factor ini  menjadi rahasia perusahaan Google inc.

Google hanya memberikan sedikit ‘ clue’ petunjuk  bagi para webmaster  dan pemasar online seperti kita yang ingin memiliki rangking tinggi di search engine. Salah satunya adalah  Google mengatakan buatlah website  yang bermanfaat untuk pengguna internet, contoh seperti Wikipedia. Petunjuk lain  yang diberikan oleh Google  adalah buatlah konten yang unik tidak menjiplak dari situs orang lain.

Google mengatakan jika konten  situs  kita unik ,menarik dan bermanfaat maka akan banyak  situs orang lain yang ngelink  ke situs kita, alias merekomendasikan situs kita.Dengan sendirinya situs kita akan memiliki rangking di search engine.

Berapa lama sebuah halaman situs bisa memiliki rangking di search engine, demikian pertanyaan yang sering kita dengar dan ingin tahu jawabannya secara jelas. Sebuah halaman situs  bisa memiliki rangking di search engine mulai dalamjarak satu hari sampai bertahun-tahun tergantung kata kunci yang anda bidik dan jumlah saingannya.  Namun tanamkan dalam pikiran  bahwa SEO itu seringkali memerlukan waktu  sebelum anda melihat hasil. Bisa jadi traffic baru mulai berdatangan setelah 2 bulan,6 bulan atau satu tahun.

Dengan asumsi  anda memilih kata kunci yang pencarinya  banyak dan saingannya ada cukup. Ada yang mengatakan rumus keberhasilan SEO adalah kata kunci yang tepat dengan konten yang berkualitas ditambah baclinks sama  dengan rangking. Jadi sekali lagi harus anda ingat  untuk memiliki situs  di rangking  halaman utama anda harus mempunyai situs dengan kata kunci yang tepat, konten  yang berkualias  dan backlinks yang banyak.

Beriku tahapan-tahapan yang harus dilakukan saat menjalankan SEO  marketing.

1.    On Page Optimization (Pengoptimalan pada situs)

2.    Off Page Optimization (Pengoptimalan di luar situ)


On Page Optimization

1.    Buat artikel dengan panjang antara 750-1000 kata

2.    Usahakan kata kunci muncul pada paragraph pertama artikel.

3.    Usahakan  kata kunci muncul di akhir setiap paragraph.

4.    Jumlah kata kunci dalam artikel  harus muncul sekitar 2% dan tersebar merata.

5.    Pastikan  dalam artikel  kata kunci di bold, underline dan italic.

6.    Kata kunci  harus muncul di Meta title 2 kali

7.    Kata kunci harus munculdi Meta  Description 2 kali

8.    Masukan kata kunci di Meta keyword.

9.    Kata kunci harus muncul atau menjadi  bagian dari nama domain.

10. Kata kunci harus muncul dalam artikel dalam bentuk H1, H2, H3.

11. Kata kunci harus ngelink ke artikel lain yang ada dalam domain kita sendiri.

12. Pastikan artikel anda tidak ngelink ke situs luar manapun kecuali lik affiliasi.

13. Jika dalam artikel  ada gambar pastikan gambar tersebut diberi alt tag yang memuat kata kunci utama.

14. Situs anda  harus memiliki komponen lain yaitu Privacy Policy dan Disclaimer, Contact us dan Sitemap.

Google mengatakan  jika konten situs  kita unik, menarik dan bermanfaat maka akan banyak situs orang lain yang ngelink ke situs kita alias merekomendasikan situs kita. Dengan kata lain Google menginginkan  situs kita  mendapatkan backlink secara natural, alias orang lain merekomendasikan situs kita secara sukarela. Namun pada kenyataannya saat kita memiliki situs baru tentunya tidak akan tiba-tiba mendapatkan backlink dari situs orang lain.


Off Page Optimization
Pada intinya Off page optimization ini berkonsentrasi pada penambahan jumlah backlink. Apa itu backlinks? atau sering disebut juga sebagai inbound links adalah links dari website lain yang ditujukan ke website anda. Secara sederhana semakin banyak  yang ngelink ke website anda, maka tinggi posisi website anda.

Ada beberapa macam backlinks:

Pertama, One- way link, yaitu backlinks satu arah ke halaman website, misal dari halaman web A ke halaman web B.

Kedua, reciprocal link atau two-way link, backlinks dua arah antara dua halaman website. Misal dari halaman web A ke halaman web B dan sebaliknya dari halaman web B ke halaman web A.

Ketiga, three-way link. Pada dasarnya three-way link one-way link yang melibatkan tiga  halaman web, jadi halaman web A menunjuk ke halaman web B, lalu halaman web menunjuk ke halaman web C.

Dalam pemanfaatannya, backlink seperti apa yang harus kita cari, idealnya kita ingin mendapatkan backlink dari situs:

o   Yang memiliki topic serupa dengan situs kita

o   Memiliki Pagerank tinggi

o   Memiliki Authority tinggi di mata search engine

o   Umur domainnya sudah tua

o   Memiliki link ke luar dengan tag kode dofollow

Berikut adalah tempat dimana kita bisa mendapatkan backlink:

o   Blog gratisan

o   Direktori Arikel

o   Social Bookmark

o   Press Release

o   RSS Submission

o   Web 2.0 Video Sites

o   Blog Commenting

o   Forum

Mengacu pada backlink ideal, disarankan kita mencari backlink berdasarkan diversity atau keragaman macam situs seperti di atas. Dengan kata lain usahakan  saat mencari backlink  tidak hanya dari satu tipe website, misalnya hanya  di social bookmark saja  atau direktori artikel saja.

Lakukan diversity maka setiap backlinks ke situs kita akan kelihatan natural di mata search engine karena datanganya dari berbagai macam tipe website.

Pertanyaan  yang muncul selanjutnya adalah berapa jumlah backlinks yang diperlukan untuk membuat sebuah kata kunci memiliki rangking tinggi di search engine. Jika kata kunci yang anda bidik itu tidak ada saingan sama sekali maka anda tidak perlu mencari backlinks, cukup lakukan On Page Optimization, halaman situs anda bisa memiliki rangking.

Sebaliknya jika anda membidik kata kunci yang banyak saingannya  maka mungkin situs baru anda tidak akan  pernah memilki rangking meski anda menberikan ribuan backlink. Oleh sebab itu anda perlu melakukan riset kata kunci yang tepat di mana pencarinya masih banyak tapi saingannya  sedikit.


Sampai kapan kita harus mencari backlink, sampai kata kunci yang dibidik mendapatkan rangking yang kita inginkan, untuk setiap kata kunci pasti berbeda-beda, ada kata kunci yang bisa menduduki posisi 5 besar dalam waktu beberapa minggu hanya dengan sedikit backlinks ada juga yang memerlukan waktu berbuan-bulan.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar